Turis Malaysia Lewati Imigrasi Singapura via Jalur Darat Hanya Pindai Kode QR Mulai 19 Maret 2024

Wisata70 Dilihat

ablivi.com Singapura telah mengumumkan keputusan terbaru terkait prosedur imigrasi bagi turis Malaysia yang masuk ke negara tersebut melalui jalur darat. Mulai 19 Maret 2024, turis Malaysia yang ingin memasuki Singapura melalui jalur darat hanya perlu memindai kode QR untuk melintasi imigrasi, menghilangkan kebutuhan untuk stempel masuk manual. Keputusan ini diharapkan akan mempercepat proses masuk dan meningkatkan efisiensi di pintu masuk negara tersebut.

Penyederhanaan Proses Imigrasi

Pada tanggal 19 Maret 2024, Singapura akan memperkenalkan sistem imigrasi baru yang memungkinkan turis Malaysia untuk melewati imigrasi hanya dengan memindai kode QR. Hal ini merupakan langkah signifikan dalam menyederhanakan proses masuk ke negara tersebut, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kenyamanan bagi para pengunjung.

1. Mengurangi Antrian di Imigrasi

Dengan memindai kode QR sebagai pengganti stempel masuk manual, diharapkan akan mengurangi antrian di pintu masuk imigrasi, terutama pada waktu-waktu sibuk.

2. Meningkatkan Efisiensi

Proses memindai kode QR memungkinkan petugas imigrasi untuk mengelola arus pengunjung dengan lebih efisien, mempercepat waktu proses masuk dan keluar dari negara.

3. Meminimalkan Kontak Fisik

Dalam era pandemi COVID-19, pengurangan kontak fisik merupakan hal yang penting untuk mencegah penyebaran virus. Dengan memindai kode QR, turis dan petugas imigrasi dapat mengurangi interaksi langsung.

Prosedur Masuk untuk Turis Malaysia

Turis Malaysia yang hendak memasuki Singapura melalui jalur darat akan diminta untuk mengikuti prosedur berikut:

1. Mengunduh Aplikasi Khusus

Turis Malaysia perlu mengunduh aplikasi khusus yang disediakan oleh pemerintah Singapura untuk memperoleh kode QR yang diperlukan untuk melewati imigrasi.

2. Registrasi dan Verifikasi Identitas

Setelah mengunduh aplikasi, turis perlu mendaftar dan melakukan verifikasi identitas sesuai dengan petunjuk yang diberikan dalam aplikasi.

3. Mendapatkan Kode QR

Setelah proses registrasi selesai, turis akan diberikan kode QR yang harus dipindai saat memasuki imigrasi Singapura melalui jalur darat.

4. Melintasi Imigrasi

Saat tiba di pintu masuk imigrasi, turis hanya perlu memindai kode QR mereka di terminal yang disediakan, dan mereka akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka.

5. Perhatikan Ketentuan Kesehatan dan Keamanan

Turis juga diingatkan untuk tetap mematuhi semua ketentuan kesehatan dan keamanan yang berlaku, termasuk protokol pencegahan COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah Singapura.

Dukungan Teknologi untuk Proses Imigrasi

Keputusan Singapura untuk memperkenalkan sistem imigrasi berbasis teknologi ini merupakan contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam proses perjalanan internasional.

1. Integrasi dengan Sistem Data

Sistem imigrasi yang baru di Singapura akan terhubung langsung dengan database pemerintah, memungkinkan pemrosesan data yang cepat dan akurat.

2. Perlindungan Data Pribadi

Seluruh data yang dikumpulkan dalam proses ini akan dijaga kerahasiaannya sesuai dengan standar keamanan data yang berlaku, memastikan privasi dan keamanan informasi pribadi pengguna.

3. Peningkatan Pengalaman Pengguna

Dengan memanfaatkan teknologi, Singapura dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada para pengunjung, memperkuat citra sebagai tujuan wisata yang ramah dan modern.

Keputusan Singapura untuk memperkenalkan sistem imigrasi berbasis teknologi yang memungkinkan turis Malaysia untuk melewati imigrasi hanya dengan memindai kode QR adalah langkah positif dalam menyederhanakan proses perjalanan lintas batas. Dengan menyediakan prosedur masuk yang lebih cepat dan efisien, Singapura menunjukkan komitmennya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung internasional. Langkah ini juga menegaskan peran teknologi dalam membentuk masa depan perjalanan yang lebih terhubung dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *